CARE and RATER



PSYCHOLOGI TEST ( RATER & CARE )

REABILITIES, ASSURANCE, TANGIBLE, EMPATHY, RESPONSIVENESS

  • KEHANDALAN/ REALIBILITIES
·            Fasilitas yang diberikan sesuai dengan yang dipromosikan 
        Mampu memberikan pelayanan sesuai SOP
       contoh: resepsionis menawarkan produk sesuai dengan keadaan sebenarnya 
  •       KEPERCAYAAN/ ASSURANCE
·             Memberikan pelayanan sesuai dengan moto hotel
       contoh: memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan oleh perusahaan ( petugas menawarkan   produk unggulan yang sesuai dengan fasilitas yang didapatkan oleh tamu)
  • TAMPILAN/TANGIBLE
·             Perawatan fasilitas dan bangunan hotel
        contoh : membersihkan area kerja dan merawat peralatan-peralatan di area kerja)
·              Menyediakan seragam karyawan sesuai SOP ( berpenampilan bersih,rapi dan menarik)

  • EMPATI/ EMPATHY
        Peduli terhadap masalah tamu contoh: membawakan barang tamu saat akan check in, menawarkan safety    box bila tamu membawa barang-barang berharga, menawarkan bantuan kepada tamu, menangani komplain tamu dengan ramah
  • KETANGGAPAN/RESPONSIVE
·        Pintar,cepat dan tepat dalam menangani komplain
g    contoh: menawarkan dan memberi penjelasan agar tamu menitipkan kunci kamar bila meninggalkan kamar hotel,


CARE VALUE KEY BEHAVIOR

CEKATAN
·        Cepat Mengerti, pintar, cerdik, gesit dan lincah
ANTUSIAS
·        Bergairah,  Bersemangat,  Menyenangkan
RAMAH
·        Baik Hati ,Budi bahasa & Sikap menarik, Suka bergaul , Menyenangkan dalam pergaulan
EMPATI
·        Mengidentifikasi diri  dalam keadaan perasaan atau pikiran yg sama dengan orang lain


Sudah care di divisi/departemen  anda ?  Nama Section/Dept.
room section / housekeeping

CEKATAN
·        Cepat dan tepat dalam menangani masalah / complain
·        Pintar dan mampu dalam mengambil keputusan
·        Cepat dan lincah dalam mengerjakan tugas-tugasnya
ANTUSIAS
·        Memotivasi diri untuk selalu memberikan pelayanan yang maksimal
·        Bersemangat dalam bekerja
·        memberikan ide/masukan demi kemajuan bersama
RAMAH
·        Mampu berkomunikasi dengan lancar,baik dan profesional
·        Sopan santun
·        Komunikatif dalam bergaul
·        senang memberikan pertolongan
EMPATI
·        mampu berinteraksi dengan tamu dan rekan kerja
·        Memiliki image yang positive dalam situasi dan lingkungannya

Apa yang salah dalam implementasi CARE

Cekatan
·        Kurang tanggap dalam menangani komplain dan lama dalam penanganan
·        bekerja tidak profesional
Antusias
·        Pasif dalam bekerja
·        gaptek dan kurang mau belajar
·        Pesimis
Ramah
·        Mudah emosi
·        Kurang cakap dalam bergaul
Empati
tidak peduli terhadap tamu,rekan kerja dan lingkungan
Egois


Apa yang masih bisa diperbaiki
Cekatan
·        dengan memberi pelatihan-pelatihan  yang mampu meningkatkan kualitas kerja
Antusias
·        Lebih memotivasi diri sendiri
·        lebih inisiatif dan aktif untuk pengetahuan
Ramah
  • ·   dapat mengontrol emosi diri
  • ·      berusaha selalu tersenyum pada orang lain
Empati
  • ·        suggestive selling

0 komentar:

Posting Komentar