Housekeeping Test II


Housekeeping  Test II (ROOM)

Essai

Karena seksi kebershan hotel mempunyai tugas & tanggung jawab cukup besar dalam menjaga reputasi dan citra hotel sesuai dengan SOP (standart operasional prosedur) sehingga dalam menjalankan tugas dapat dilakukan dengan efisien dan produktivitas yang benar


Etika memasuki kamar tamu yang baik dan benar adalah 
  • Selalu memeriksa status kamar dan yakinkan tidak ada tanda “don’t disturb (DD) yang terpasang 
  • Selalu mengetuk pintu/membunyikan bel, walaupun yakin kamar tersebut VCI disertai dengan menyebut jati diri “housekeeping” 
  • Selalu mengucapkan “excuse me. Housekeeping” meskipun tidakada tamu didalamnya 
  • Masuk ke kamar dan yakinkan jika tidak ada tamu yang sedang tidur atau di kamara mandi
  • Selalu memberi  salam jika ada tamu didalam kamar
  • Selalu meminta maaf karena telah menggangu ketenangan tamu
  • Alasan yang diberikan kepada tamu saat rom attendant  memeriksa status kamar
  • Merupakan SOP (standart operasional prosedur) seorang room attendant sebelum melaksanakan tugasnya dan untuk memastikan bahwa room status report sesuai dengan keadaan nyata atau akurat
  • Alas an mengapa room attendant harus mengetuk pintu dan menyebutkan jati diri seblum memasuki kamar
  • Karena merupakan SOP (standart operasional prosedur) dan memastikan bahwa di dalam kamar tersebut apakah ada tamu atau tidak sehingga tamu mengetahui identitas room attendant
Dusting adalah cara membersihkan debu yang ada perabot/benda dengan lap kain. Dusting dibedakan menjadi dua bagian yaitu dry dusting (pemebrsihan debu dengan lap kering) dan damp dusting (pembersihan debu dengan lap lembab).
  • Prinsip dusting adalah
  • Dusting dilakukan dari atas ke bawah
  • Dusting dilakukan sesuai dengan arah jarum jam/sebaliknya
  • Untuk dusting furniture singkirkan terlebih dahulu barang-barang yang ada diatasnya
  • Waktu dusting sekaligus memeriksa kondisi banarang yang didusting
  • Cara dusting yang baik dan benar adalah
  • Seduakan 2 buah cleaning cloth( dry and damp cleaning cloth)
  • Pindahkan semua benda dan perabot yang akan dibersihkan
  • Membersihkan debu yang menempel pada perabot dengan menggunakan damp cloth
  • Ulangi pembersihan dengan menggunakan dry cloth sampai benar-benar bersih
  • Kembalikan benda/perabot ketempat semula
Alasan room attendant harus memperhatikan grooming adalah
Grooming/penampilan merupakan tahap persiapan fisik. Seorang room attendant harus berpenampilan rapid an bersih sehingga tamu merasa senang dan nyaman ketika kamarnya sedang dibersihkan selain itu room attendant harus mentaati standart penampilan yang telah ditentukan oleh hotel tersebut

Cara melepas linen tempat tidur “stripping bed”
  • Pastikan tidak ada pakaian/barang tamu yang terbawa dalam linen
  • Bongkar sheet maupun blanket satu persatu
  • Periksalah apakahada noda,lubang/sobek pada linen/blanket, jika da segera laporkan pada floor supervisor
  • Blanket dilipat dan di letakkan di luggage rack/dressing chair
  • Sheet/pillow case yang sudah diangkat dimasukkan kedalam linen humper
  • Rapihkan letak bed pad
  • Periksa kolong tempat tidur
  • Jangan menaruh pillow/blanket dilantai
Cara membersihkan toilet bowl adalah


Toilet bowl adalah jamban duduk yang digunakan untuk buang air besar, peralatan ini dilengkapi dengan tangki air, tatakan untuk duduk dan tutup maupun kran untuk mengguyur kotoran.

peralatan pembersih :
  • Toilet bowl brush
  • Sponge khusus
  • Bottle sprayer
  • Hand glove
  • Toilet bowl cleaner.
  • Multi purpose cleaner
Tahap pelaksanaan :
  • Selalu menggunakan hand glove diwaktu membersihkan.
  • Guyur / sentor toilet bowl.
  • Kurangi air didalam toilet bowl, dengan cara didorong menggunakan toilet bowl brush.
  • Semprotkan toilet bowl cleaner kepermukaan toilet bowl bagian dalam.
  • Diamkan untuk beberapa saat agar bahan pembersih tersebut bereaksi dengan kotoran. Semprotkan multi purpose cleaner kesemua permukaan toliet toliet bowl ( kecuali bagian dalam ), termasuk tatakan untuk duduk, tutup, tangki air dan kaki toilet bowl.
  • Gosok permukaan yang telah disemprot dengan multi purpose cleaner, dengan menggunakan sponge khusus, dan dibilas
  • Sikat toilet bowl bagian dalam dengan menggunakan toilet bowl brush dan diguyur.
  • Keringkan permukaan toilet bowl bagian luar, maupun perlengkapan yang lain dengan menggunakan cleaning cloth khusus.
  • Bersihkan dan keringkan lantai dibawah toilet bowl.
Step by step procedure make up room
  • Letak room attendant trolley rapat dan tepat didepan pintu kamar
  • Masuk kedalam kamar (ikuti prosedur memasuki kamar) dengan menata peralatan pembersih kamar mandi dan perlengkapannya dan letakkan di kamar mandi
  • Buka draperies dan matikan lampu lalu nyalakan AC pada posisi low
  • Mengumpulkan sampah dan mengeluarkan peralatan room service yang sudah digunakan tamu
  • Masuk ke kamar dengan membawa linen bersih
  • Melakukan stripping bed dan memasukkan linen kotor kedalam linen humper
  • Mencuci perlengkapan kamar yang kotor dan menyemprotkan bahan pembersih ke semua alat saniter
  • Menata tempat tidur tamu/making bed sesuai dengan prosedur
  • Membersihkan perabot/perlengkapan kamar searah jarum jam dan memeriksa kondisi perlengkapan yang ada
Membersihkan kamar mandi
  • Mengeluarkan peralatan kamar mandi
  • Melengkapi perlengkapan kamar mandi  (bathroom supplies & amenities, towel)
  • Melengkapi perlengkapan kamar (guest supplies)
  • Vaccuming carpet
  • Menata perabot kamar
  • Mengatur suhu AC pada posisi low
  • Melakukan pemeriksaan terakhir (final checking)
  • Tutup draperies dan matikan semua lampu
  • Keluar dari kamar dan yakinkan pintu kamar terkunci dengan baik
  • Catat semua yang berkaitan dengan penataan kamar kedalam room attendany work sheet
Room attendant working procedure
Tahap permulaan jam kerja (begganing of the shift)
  • Kegiatan yang rutin dilakukan oleh petugas pada awal jam kerja bertujuan agar dapat mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk menjalankan tugas dan kewajibannya dan bertanggung jawab memelihara dan menjaga asset hotel
First checking
  • Melakukan absensi/daftar hadir
  • Mengganti pakaian seragam hotel yang telah ditentukan (personal grooming)
  • Menerima room attendant key rooms untuk masing-masing section
  • Mencatat  status kamar yang ada
Persiapan kerja
  • Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan
  • Periksa status kamar, jika ada room DD makan jangan diketuk dan jika VD/check out maka segera periksa apakah ada barang tamu yang tertinggal.
Step by step procedur make up room
  • Merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan petugas saat membersihkan kamar sesuai dengan standart operational procedure bertujuan agar kamar bersih,rapi dan nyaman sehingga tamu merasa puas akan pelayanan yang diberikan
Selesai jam kerja (storage)
  • Merupakan tahap terakhir yang dilakukan petugas setelah selesai melakukan tugasnya dengan membersihkan dan mengembalikan semua peralatan dan perlengkapan sesuai dengan tempatnya masing-masing.
Langkah langkan pengumpulan sampah ( garbage collection)
  • Kumpulkan sampah yang berserakan ke dalam waste basket
  • Periksa tidak ada barang tamu yang terbawa disampah
  • Periksa tidak ada benda tajam,pecahan kaca atau benda berbahaya lainnya dalam sampah, jika ada pisahkan
  • Pastikan tidak ada punting rokok yang masih menyala sebelum dibuang
  • Sampah yang terkumpul dimasukkan dalam garbage humper dan pastikan tidak ada sampah yang tertinggal
  • Keluarkan juga alat makan bekas room service/letakkan di tmpat yang sudah ditentukan
  • Jika room attendant melihat perlengkapan kamar yang rusak maka segera menghubungi /melaporkan kepada floor supervisor untuk ditindak lanjuti dengan menghubungi engineering department

Langkah-langakah making bed
  • Tarik tempat tidur -/+ 75 cm dari tembok/bed pail
  • Tebarkan sheei I dan masukkan semua sisinya diantara matras dan spring box, setiap sudut dilipat membentuk lipatan yang disebut hospital corner dan pastikan sheet tidak ada noda/sobek
  • Tebarkan sheet II dengan bagian atas (bag.kepala) -/+ 30cm dari ujung tempat tidur
  • Tebarkan selimut/blanket dengan bagian atas (bag.kepala) -/+ 30cm dari ujung tempat tidur
  • Tebarkan sheet III diatas blanket dengan posisi diatas sheet 10cm melebihi sisi atas blanket
  • Lipat sisi sheet III yang lebih kedalam blanket
  • Lipat sisi sheet II diatas selimut bagian atas
  • Lipat dan masukkan sisi kanan/kiri dari sheet II, selimut, sheet III bersama-sama diantara matras/spring box
  • Lipat dan masukkan sisi bagian dari sheet II, selimut, sheet III diantara matras/spring box. Bagian sudut dibuat membentuk hospital corner
  • Taruh bantal yang sudah disarungi diatas tempat tidur bagian kepala
  • Pasang bedcover da kembalikan tempat tidur ke posisi semula
Alasan kamar hotel diberi room code
  • Untuk memudahkan room attendant dalam persiapan kamar tamu sehingga lebih mudah dalam pengecekan dan pembersihannya. Selain itu juga memudahkan petugas front ofiice dalam melakukan penjualan kamar

Jawaban pilihan ganda
  1. C
  2. B 
  3. D 
  4. B 
  5. C 
  6. B 
  7. C 
  8. D 
  9. C 
  10. A 
  11. D 
  12. E 
  13. D 
  14. B 
  15. B 
  16. A 
  17. A 
  18. E 
  19. B 
  20. C

Activity  2

Room attendant working procedure
Tahap permulaan jam kerja (begganing of the shift)
Kegiatan yang rutin dilakukan oleh petugas pada awal jam kerja bertujuan agar dapat mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk menjalankan tugas dan kewajibannya dan bertanggung jawab memelihara dan menjaga asset hotel

First checking
Melakukan absensi/daftar hadir
Mengganti pakaian seragam hotel yang telah ditentukan (personal grooming)
Menerima room attendant key rooms untuk masing-masing section
Mencatat  status kamar yang ada

Persiapan kerja
Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan
Periksa status kamar, jika ada room DD makan jangan diketuk dan jika VD/check out maka segera periksa apakah ada barang tamu yang tertinggal.

Step by step procedur make up room
Merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan petugas saat membersihkan kamar sesuai dengan standart operational procedure bertujuan agar kamar bersih,rapi dan nyaman sehingga tamu merasa puas akan pelayanan yang diberikan

Selesai jam kerja (storage)
Merupakan tahap terakhir yang dilakukan petugas setelah selesai melakukan tugasnya dengan membersihkan dan mengembalikan semua peralatan dan perlengkapan sesuai dengan tempatnya masing-masing.

Activity 5

Standart room facilities


  • bed
  • bathroom (standing shower,toilet bowl,washbasin table &mirror)
  • telephone
  • refrigerator
  • kettle jug
  • guest supplies and amenities
  • luggage rack
  • wardrop
Activity 6 & 7

Priorotas pembersihan kamar berdasarkam status kamar
Kamar yang EA VIP
Kamar yang “Please make up room”
Kamar yang OC
Kamar yang check out
Karena kamar yang EA VIP merupakan kamar yang dipesan oleh tamu-tamu penting sehingga perlu mendapatkan pelayanan yang lebih. Kamar yang “Please make up room” berarti tamu meminta agar kamarnya segera dibersihkan, lalu kamar yang OC biasanya tamu tersebut bermalam lebih dari 1 malam dan yang terakhir kamar check out karena kamar tersebut masih belum tentu terjual/dipesan oleh tamu.

Activity 14

Persyaratan yang dimiliki oleh kamar tamu adalah
kamar bersih yang rapi, aman, nyaman serta memiliki fasilitas standart hotel
 


4 komentar:

Posting Komentar