Guest
Relation Officer adalah salah satu jabatan di Front Office yang fungsinya sebagai perantara
atau jembatan antara tamu dengan pihak hotel, oleh sebab itu GRO membutuhkan sesorang yang mampu
berkomunikasi dan berhubungan baik dengan semua orang.
Sebuah
Guest Relations Officer atau GRO bertanggung jawab atas penanganan front office
dalam segala aspeknya baik dalam sebuah hotel, motel, pondok, penginapan atau
kantor bisnis lainnya yang membutuhkan posisi mereka. Seorang petugas hubungan
tamu adalah frontliner pendirian usaha tersebut.
seorang
tamu Hotel petugas hubungan (GRO) berada di garis depan layanan pelanggan. Dia
adalah salah satu pekerja hotel pertama untuk menyambut tamu ketika mereka
tiba. Para GRO menyediakan tamu hotel dengan di atas dan luar layanan untuk
memastikan pengalaman mereka akan perlu diingat. Posisi memastikan bahwa tamu
bahagia dari saat mereka masuk ke hotel sampai mereka pergi. Kadang-kadang, ia
terus memberikan layanan pelanggan yang unggul setelah tamu sudah lama berlalu.
Tugas dan Tanggung Jawab
- Membaca log book.
- Memeriksa daftar tamu yang akan datang hari ini (today Expected arrival guest).
- Membuat VIP daily list.
- Menyiapkan VIP complimentary order.
- Mempersiapkan kamar untuk tamu VIP.
- Menyesuaikan data yang ada di VIP list dengan data pada information rack dan room rack.
- Memeriksa tanggal kelahiran tamu untuk diberikan birthday cake.
- Mengisi check list GRO.
- Menangani kedatangan tamu VIP (pendaftaran di kamar).
- Menyapa kepada semua tamu.
- Menangani keluhan tamu.
- Memeriksa pemesanan kamar untuk VIP besok.
- Beramah tamah dengan tamu.
- Menyambut kedatangan tamu rombongan.
Sedangkan tugas yang
dilakukan secara periodik yaitu:
- Membuat VIP resident guest list (3 hari sekali).
- Membuat daftar long staying guest (2 minggu sekali).
- Membuat daftar long staying guest pada setiap minggu. terakhir untuk diundang oleh manajemen dalam acara happy hours.
- Membuat monthly report (sebulan sekali).
- Membuat laporan guest questionary report (sebulan sekali).
Selain melakukan tugas
harian ataupun periodik, GRO juga mempunyai tugas-tugas yang dilakukan secara
insidensial yaitu tugas yang dilakukan apabila tamu membutuhkan layanan
tersebut, tugasnya antara lain:
- Memastikan tiket pesawat tamu/reconfirmed airlines ticket.
- Pemesanan tiket pesawat.
- Melakukan table manner.
- Menyambut tamu rombongan.
- Mengantar tamu negara yang akan makan di restoran.
Dalam melaksanakan
tugas-tugasnya GRO akan berhubungan atau bekerjasama dengan bagian lain, kerjasama
ini antar lain dengan bagian:
- Hubungan dengan bagian Housekeeping dalam hal mempersiapkan & pengiriman bunga untuk tamu VIP
- Hubungan dengan bagian Room Service dalam hal mempersiapkan & mengirim buah atau kue ulang tahun untuk tamu VIP, long staying ataupun tamu yang berulangtahun.
- Hubungan dengan bagian Engineering dalam hal memperbaiki kamar tamu
- Hubungan dengan bagian Sekretaris GM dalam hal mempersiapkan welcome letter yang ditandatangani oleh GM.
- Hubungan dengan bagian Bar dalam hal mempersiapkan welcome drink.
- Hubungan dengan bagian Public relation dalam hal mendokumentasikan kedatangan tamu penting.
Tugas seorang Chief Guest Relations
- Jenis pekerjaan sangat penting sebagai tamu hubungan petugas merupakan hotel di mana dengan cara bagaimana ia tidak karyanya akan mencerminkan apa jenis hotel atau pembentukan pelanggan telah mengalami secara keseluruhan.
- Salah satu tugas dari Guest Relations Officer adalah untuk menyambut tamu ke dalam pendirian usaha, untuk sebuah hotel, sambutan hangat dibuat pasti akan diberikan. Mereka memastikan bahwa tamu mereka puas dengan layanan mereka setiap saat. Ketika VIP check-in, ia mengawal mereka ke kamar mereka dan menawarkan mereka fasilitas yang mereka mungkin ingin memanfaatkan.
- Guest Relations Officer bertugas untuk mempromosikan hotel mereka atau pendirian usaha. Dia menyajikan kepada para tamu apa fasilitas hotel harus membuat mereka tetap tak terlupakan banyak. Dia menentukan bahwa tamu puas dan mempertahankan kepuasan mereka sepanjang waktu mereka di dalam hotel.
- Sebuah Guest Relations Officer harus mampu mendengarkan keluhan yang mungkin timbul dari para tamu. Dia harus tetap tenang dan terdiri sepanjang waktu dan merespon secara positif terhadap tamu yang standar tidak terpenuhi.
- Sebuah Guest Relations Officer membantu para tamu dalam kebutuhan perjalanan mereka, seperti wisata mereka dapat menikmati, di mana untuk makan, berbelanja atau menyewa mobil di antara pengaturan lain bahwa tamu mungkin keinginan untuk membantu dengan.
Kondisi Kerja Officer Guest Relation
- Hotel dan pendirian usaha serupa lainnya adalah lingkungan kerja biasa petugas hubungan tamu. Dia bekerja empat puluh jam seminggu dan dapat ditugaskan pada jadwal pergeseran sebagai jenis perusahaan bisnis harus memiliki orang-orang di meja depan.
- Sebuah Guest Relations Officer diharapkan menjadi tipe orang yang berorientasi orang. Dia harus memiliki keterampilan interpersonal yang besar, pendengar yang sangat baik dan dapat berkomunikasi dengan baik. Seorang ahli dalam layanan pelanggan diperlukan untuk posisi ini karena ia adalah pembicaraan tamu pertama dan orang terakhir untuk selama penginapan hotel. Pekerjaan ini menuntut Guest Relations Officer untuk bekerja di bawah situasi stres yang ia hadapi mungkin, ia harus menjaga sikap menyenangkan di tengah tekanan yang dia masuk
- Kesopanan yang tepat diharapkan dari petugas Guest Relations. Karena ia adalah frontliner hotel, ia harus memiliki penampilan rapi
- Potensi
Seorang petugas hubungan tamu dapat mengajukan permohonan untuk promosi dalam perusahaan. Sebagai contoh, ia dapat mengajukan permohonan untuk posisi pengawas atau manajemen. Sebuah GRO bisa menjadi hubungan tamu seorang supervisor / palungan, resepsionis supervisor / manager dan dapat menjadi tugas manajer atau manajer hotel diberi pengalaman yang cukup, pelatihan tambahan dan pengalaman. Untuk membantu mendapatkan posisi manajemen dalam perusahaan, seorang GRO harus mengejar pendidikan tinggi, selain dari gelar sarjana empat tahun, ia juga harus menyelesaikan gelar master. Sebuah yayasan yang baik akan menjadi gelar Bachelor of Science di Pariwisata atau kursus bisnis, dan kemudian Master di bidang Administrasi
HANDLING VIP GUEST CHECK INTamu VIP adalah orang yang dianggap penting oleh pihak hotel, tamu penting ini antara lain kepala negara, menteri, pimpinan perusahaan dan pemilik hotel. Proses pendaftaran yang dilakukan harus secepat mungkin dan tepat. Umumnya sebelum kedatangannya di hotel, tamu penting sudah melakukan pemesanan kamar, oleh karena itu hotel sudah melakukan pre registration atau semua formulir yang dibutuhkan untuk registrasi sebagian besar datanya sudah diisi. Khusus untuk tamu penting pendaftaran tamu bisa dilakukan oleh ajudan atau sekretarisnya. Proses registrasi umumnya dilakukan di kamar atau di lantai eksekutif, proses registrasi dilakukan oleh GRO atau FOM.
-
Persiapan yang dilakukan sebelum kedatangan tamu VIP yaitu:
- Menentukan dan menyiapkan kesiapan kamarnya sehari sebelum kedatangannya. Memastikan nama tamu, waktu kedatangan dan transportasi yang digunakan serta pelayanan khusus untuk keamanannya.
- Menyiapkan dan memastikan kartu tamu (guest card) dan kunci kamar sudah benar dan diletakkan di kamar.
- Menyiapkan dan memastikan kartu ucapan selamat datang (welcome card) berada di kamar.
- Menyiapkan dan memastikan keranjang buah, rangkaian bunga berada di kamar sesuai dengan kategori tamu VIP.
- Menawarkan bantuan
lain dan menginformasikan pelayanan pribadi yang hotel akan berikan. Buttler = orang yg menangani kebutuhan tamu
VIP, pelayanan khusus/pribadi
pelayanan khusus/butler - Mengucapkan selamat beristirahat.
- Menginformasikan kepada bagian lain jika tamu VIP telah check in
- BUTLER VIDEO
-
-
HANDLING VIP GUEST CHECK OUT
Pada saat keberangkatan tamu GRO memeriksa tagihan tamu, kemudian tagihan ini akan diberikan kepada tamu VIP atau asistennya, setelah tagihan tamu diselesaikan GRO dan FOM akan memberikan salam perpisahan, mengucapkan terima kasih serta mengharapkan perjalanannya akan menyenangkan.Proses tamu check out
petugas memberikan salam perpisahan dan mengucapkan terimakasih
menyambut tamu dengan ramah dan sopan |
proses penerimaan tamu dan registrasi |
welcome drink service |
mengantarkan tamu ke tempat yang telah ditentukan. Pengantaran dilakukan oleh FOM,GM dan GRO |
Unknown | 24 Mei 2013 pukul 19.42
bermamfaat banget^^ kunjungin blog ku juga ya ^^
Unknown | 2 Mei 2014 pukul 00.49
terimakasiihhhh :)
Unknown | 5 Juni 2014 pukul 01.14
bisa bagi sumber bukunya gak?
Unknown | 10 November 2014 pukul 17.05
terimakasih :)
Unknown | 3 Januari 2015 pukul 16.16
SAYA INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA AKY-PANGANDARAN YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,,BERKAT BANTUAN AKY-PANGANDARAN SEKARANG ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG2NYA DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARANG SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKY-PANGANDARAN YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DISANGKA2 TERNYATA BERHASIL..BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA AKY-PANGANDARAN SEPERTI KAMI SILAHKAN HBG 085-319-486-059-JANGAN ANDA RAGU KAMI SUDAH MEMBUKTIKANNYA !!!
angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/
angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/
angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
angka GHOIB; laos 4D/6D/8D/
angka GHOIB; thailan
angka GHOIB; macau
angka ghoib; sidney
Unknown | 25 April 2015 pukul 16.42
INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL SILAHKAN TLP KI ANGEN RUSMAN DI NMR ( 0 8 5 3 2 5 2 9 1 9 9 9_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 9X TERBUKTITRIM’S ROO,MX SOBAT
INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL SILAHKAN TLP KI ANGEN RUSMAN DI NMR ( 0 8 5 3 2 5 2 9 1 9 9 9_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 9X TERBUKTITRIM’S ROO,MX SOBAT
Unknown | 28 Agustus 2015 pukul 10.08
ass.wr.wrb.saya seorang TKI MALAYSIA ingin mengucapkan terimahkasi kpd.KI_PRANA LEWU angka 4d yang ki berikan sungguh luar biasa dan alhamdulillah saya menang 700juta yang ingin seperti saya tlp. KI_PRANA LEWU =_0823_1255_2534_
Apakah anda termasuk yang tercantung di bawah ini?
1. Di Lilit Hutang
2. Selalu kalah Dalam Bermain
3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi
4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa
kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami>>
angka GHOIB; singapura 2D/4D/6D/
angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/
angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
angka GHOIB; laos 4D/6D/8D/
angka GHOIB; thailan
angka GHOIB; macau
angka GHOIB; sidney
angka GHOIB; korea
angka GHOIB; cambodia
Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual Ki_PRANA LEWU
di jamin Tembus 100% Hubungi Ki_PRANA LEWU di no_0_8_2_3_4_9_3_6_5_0_4_3_ terimakasi..
Unknown | 1 April 2018 pukul 16.14
Terimakasih banyak, sangat bermanfaat buat saya pribadi karena hari ini saya interview utk posisi ini 😁😊🙏
Tempat Dukun Pesugihan Tersakti | 6 Juli 2018 pukul 14.52
Ass,,,Saya Ibu Siti Di Singapore - Saya Mengutarakan Kalau Saya Menang Togel Lagi,Itu Atas Bantuan NYAI RONGGENG Terimah Kasih Banyak Yaa NYAI YAng Telah Memberikan Angka Jitu Nya Kepada Saya Yaitu 9283 Dan Alhamdulillah Berhasil,Berkat Bantuan NYAI Saya Sudah Bisa Membahagiakan Kedua Orang Tua Saya,Bahkan Semua Hutang-Hutang Saya Bersama Hutan Kedua Orang Tua Saya Semuanya Pada Lunas Dan Bahkan Saya Juga Sudah Bisa Membuka Usaha Kecil-Kecilan,Bagi Anda Yg Ingin Seperti Saya Silahkan Hub Nomor NYAI RONGGENG Di : 085286344499 Atau Klik http://pesugihandukundanagaibasli.blogspot.com Karena Cuma Angka Ghoib NYAI RONGGENG Saja Yg Memberikan Bukti YAng Lain Maa Cuma Menghabiskan Uang Saja,Nomor Ritual NYAI RONGGENG Memang Selalu Tepat Dan TerBukti.
Unknown | 10 Oktober 2018 pukul 23.17
terima kasih banyak kak informasinya.. sangat membantu
Tempat Jual Sewa Tuyul | 4 Oktober 2023 pukul 07.17
Buat Saudarah Yang Punya Permasalahan Ekonomi Yang Ingin Di Bantu Melalui jln Pesugihan Uang Gaib / Nomor Togel Dan Lain-lain Silahkan Hub Nyai Ronggeng Di No-Hp: https://wa.me/6281241452747 Atau Kunjungi Situs Web Nyai Yang Resmi Di http://jual-sewa-tuyul.blogspot.com/ Silahkan Buktikan Sendiri Karna Saya Sudah Membuktikannya,